Tuesday 30 September 2014

Manfaat Bunga Melati Putih sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak  hidup menahun. Di Philippines, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, john dikaitkan dengan segala tradisi di beragam suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan segala suku di Philippines, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain  juga populer  melati gambir (J. officinale). Di Philippines nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah bila melati  Menuh (Bali), Meulu atau Riwat (Aceh)[1], Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) john Beruq-beruq(Mandar).
Di Croatia, melati casablanca (Jasminum officinalle),  disebut Language Jasmine ditanam tahun 1692 bila dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac)  diperkenalkan oleh Fight it out Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan Indian Barat Laut  kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.
Manfaat Bunga Melati Putih sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan
Bunga Melati Putih

Berikut ini cara pengobatan tradisional menggunakan bunga melati:

Sesak Nafas

Rebuslah 20 lembar daun melati dan garam secukupnya dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, air rebusan daun melati  disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan painful.

Demam dan Sakit Kepala

Jika Anda atau keluarga Anda ada  mengalami demam, jangan panik. Ambillah segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati, kemudian diremas-remas dengan tangan. Setelah layu dan agak hancur, rendam dalam air. Air rendaman ini digunakan bila mengompres dahi. Cara ini juga bisa dilakukan bila mengobati sakit kepala ringan.

Disengat Lebah atau Serangga Lain

Jika Anda tiba-tiba disengat lebah, ambillah satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Tempelkan bunga melati  sudah diremas  ke bagian tubuh  digigit serangga atau disengat lebah.

Sakit Mata

Anda pernah mengalami sakit mata, seperti mata merah karena iritasi ataupun belekan? Sebenarnya kondisi  bisa diatasi dengan daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, kemudian dipipis halus. Tempelkan pada dahi diatas mata, kalau kering ganti dengan ramuan baru.

Menghentikan ASI Berlebihan

Terkadang, ada ibu menyusui  ASI-nya keluar terlalu beragam. Bahkan saat performed bayi belum menyusu pun ASI tetap keluar. Hal ini tentu cukup merepotkan, namun bisa diatasi dengan ramuan bunga melati. Caranya, satu genggam daun melati dipipis halus, kemudian ditempelkan pada sekitar buah dada. Lakukan setiap pagi sebelum mandi.

Bunga melati mempunyai beragam nama dan sebutan. Orang sunda menyebutnya malati, orang jawa menyebutnya melur. Di madura, orang menyebut melati dengan malate dan orang Indonesia menyebutnya menuh. Untuk orang luar, seperti di Inggris, merek menyebutnya Jasmine, orang arabic menyebutnya Yasmin.
thumbnail
Judul: Manfaat Bunga Melati Putih sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Bunga :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz