Wednesday 13 August 2014

Bayam - Sayuran Hijau Pencegah Kanker, Jantung Koroner dan Menyehatkan Mata

Bayam Sayuran Hijau Pencegah kanker, Jantung Koroner dan Menyehatkan Mata
Bayam Hijau
Bayam Sayuran Hijau Pencegah kanker, Jantung Koroner dan Menyehatkan Mata. Siapa yang tidak tahu bayam? Semua ibu-ibu pasti tahu, karena bayam merupakan sayuran hijau yang dapatmenjadi menu favorit keuarga. Bayam yang bisa tumbuh dimana saja, dan mudah untuk didapatkan dimana-mana, sehingga baik untuk makanan sehari-hari. Lalu, apa saja kandungan dan manfaat bayam untuk kesehatan?

Apa Itu Bayam?

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.

Kandungan Nutrisi Bayam

Sayur Bayam
Imager by labsaya.com
Bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seseorang. Berbagai nutrisi yang di maksud yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat,, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi  tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap yang pernah ada di bumi ini.
Selain mengandung serat, bayam juga kaya betakaroten. 1 gelas bayam yang sudah dipetik bisa memenuhi 70% kebutuhan betakaroten per hari. Betakaroten (vitamin A), ditambah vitamin C membuat bayam bersifat antioksidan yang baik. Bayam juga mengandung asam folat, zat besi, dan seng.


Kandungan Gizi dalam 100 gram Bayam:

  • Energi 36 kal
  • Protein 3,5 g
  • Lemak 0,5 g
  • Karbohidrat 6,5 g
  • Serat 0,8 
  • Kalsium 267 mg
  • Fosfor 67 mg
  • Zat Besi 3,9 mg
  • Vitamin A 6.090 IU
  • Vitamin B1 0,08 mg
  • Vitamin C 80 mg
  • Air 86,9 g

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Bayam dapat Mencegah Kanker

Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.
Serat pada bayam yang mampu mencegah sambil tidak memberi kesempatan pada zat karsinogen (zat penyebab kanker) "nyangkut" di dinding usus. Selain itu, klorofil pada bayam hijau mampu mencegah mutasi sel menjadi ganas. Pigmen merah pada bayam merah kaya flavonoid yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah kanker.

Bayam dapat Mencegah Jantung Koroner

Bayam yang mengandung kolin dan inositol mampu mencegah jantung koroner. Kedua senyawa ini bahu membahu mencegah penimbunan plak.

Kadar Gula Darah

Kandungan seratnya membantu mengatur metabolisme karbohidrat sehingga setelah makan tidak serta merta menaikkan kadar gula darah.

Kesehatan Mata

Luteinnya dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Penelitian di AS menunjukkan, mereka yang makan bayam ataupun sayuran hijau lainnya 5 porsi atau lebih dalam seminggu, risiko terkena degenerasi makula turun hingga 43%.

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi pada bayam tak diragukan lagi. Para ahli bahkan meyakini, kandungan zat besinya dua kali lipat lebih banyak sayuran lainnya. Cocok diasup oleh penderita anemia akibat kekurangan zat besi.

Menurunkan Berat Badan

Bayam memiliki kadar kalori yang rendah dan juga serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan lemak serta memberi rasa kenyang di lambung. Konsumsi bayam sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Lainnya

  • Bayam kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi mencegah pertumbuhan janin yang cacat. Kandungan kalsium dan magnesiumnya berkhasiat menguatkan tulang dan gigi.
  • Meningkatkan Memori dan Kesehatan Otak. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Untuk itulah, untuk menyehatkan dan meningkatkan daya ingat otak, mengkonsumsi bayam dapat menjadi salah satu solusinya.
  • Penglihatan Yang Lebih Baik. Faktanya, bayam merupakan sumber vitamin A. Dan seperti yang sudah kita ketahui bersama, vitamin A Sangat baik untuk menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki.
  • Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan yang anda miliki.
  • Menutrisi Tulang daan Sendi. Kandungan kalsium dalam bayam mampu menguatkan semua tulang di tubuh anda. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.

Catatan Penting:

  • Bagi Anda yang menderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi bayam.
  • Sedikit tips saat memasak bayam, jangan dipotong terlalu kecil dan dimasak sampai terlalu matang karena akan menghilangkan beberapa kandungan nutrisi di dalamnya.
thumbnail
Judul: Bayam - Sayuran Hijau Pencegah Kanker, Jantung Koroner dan Menyehatkan Mata
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Daun, Obat Herbal :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz