Wednesday 13 August 2014

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan

Buah Sawo Untuk Kesehatan
Buah Sawo

Dari manakah asal buah sawo?

Tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika tropis -seperti GuatemalaMeksiko, dan Hindia Barat- dan di Jawa, tumbuhan ini bisa didapati di dataran rendah. Para penjajah bangsa Spanyol membawanya dari Meksiko ke Filipina, dan kemungkinan dari sana menyebar ke Asia Tenggara.
Kini sawo manila telah ditanam di banyak daerah tropis di dunia. Koleksi plasma nutfah sawo manila terdapat di Los Banos (Filipina), Queensland (Australia), India, KubaBrasilKosta Rika, Florida dan Hawaii (Amerika Serikat) dan beberapa negara lain.

Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Antara Lain:

Khasiat Buah Sawo Untuk Kesehatan
Buah Sawo
  • Jika kita memakan 100 gram sawo akan memberikan energi sampai 83 kalori dan serat 5,6 gram. Seratnya baik untuk obat sembelit dan membantu melindungi selaput lendir usus dari racun penyebab kanker. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah sawo sehingga buah sawo dapat dijadikan sebagai obat sembelit.
  • Sawo mengandung vitamin C sebanyak 24,5 persen per 100 gram. Selain itu, juga mengandung vitamin A. Keduanya memiliki andil dalam menghadang radikal bebas.
  • Daun dan batang sawo mengandung flavonoida. Pada daun juga terkandung saponin. Flavonoida dan saponin berperan dalam menyerap air dalam tubuh dan menghambat diare.
  • Buah sawo kaya dengan antioksidan polifenol berupa tanin. Tanin bermanfaat sebagai antiradang, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Konsumsi tanin secara seimbang berperan pula dalam menjaga kesehatan usus dan pencernaan Oleh karena itu, sawo cocok untuk obat diare, wasir, hingga menghentikan perdarahan. Tanin pada sawo juga membantu mengatasi erosif gastritis, refluks esofagitis, enteritis, dan gangguan usus.
  • Sawo juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A penting untuk penglihatan, sementara vitamin C berperan sebagai antioksidan. Sawo diketahui pula memiliki kandungan mineral seperti kalium, besi tembaga. Senyawa ini penting untuk kesehatan proses metabolisme dalam tubuh.
Cara Untuk Mengobati Diare Secara Alami dengan Sawo:
  1. Cara yang pertama adalah: Siapkan kurang lebih 15 tetes dari getah buah sawo mentah atau buah yang masih muda, lalu beri beri air panas sebanyak ½ gelas. Minum air campuran getah sawo dengan air putih selagi masih hangat sampai habis. 
  2. Cara yang kedua adalah: Siapkan buah sawo muda satu buah saja, kemudian cuci bersih buah ini, lalu parut sampai lembut, ambil airnya saja dengan cara diperas. Saring agar ampasnya hilang. Tambahkan air putih matang sedikit saja. Minum ramuan alami ini sebanyak 2 kali dalam seharinya.

Manfaat Buah Sawo Ibu Hamil :

  • Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit berbahaya.
  • Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dialami oleh para ibu hamil.
  • Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.
Demikianlah mandaat dari buah sawo, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang salah, mohon untuk dikoreksi, agar menjadi lebih baik dan bermanfaat. Silahkan share artikel ini, jika bermanfaat.
thumbnail
Judul: Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Buah :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz