Tuesday 23 September 2014

Manfaat Bunga Kenanga sebagai Obat Herbal dan Tradisional

Kenanga (Canangium odoratum)  tanaman dengan bunga  baunya sangat khas. Bunga kenanga sering dijadikan bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh di halaman rumah atau di tepi jalan. 
Seperti bunga pagoda dan bunga melati, bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Orang-orang tua dulu sering menggunakan bunga kenanga bila mengobati batuk akibat bronkhitis, obat sesak nafas, john malaria. Selain itu, bunga kenanga juga bisa dijadikan bahan bila membuat jamu bagi ibu  baru saja melahirkan.

Manfaat Bunga Kenanga sebagai Obat Herbal dan Tradisional
Bunga Kenanga

Manfaat bunga kenanga bila pengobatan bisa anda lihat melalui ramuan tradisional di bawah ini:

Jamu Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, seorang ibu perlu memulihkan kembali kondisi tubuhnya. Zaman dahulu kala saat dokter dan bidan  jarang, para guguni atau paraji, sering membuatkan jamu bila memulihkan kondisi Ibu  melahirkan.
Berikut ramuannya: bunga kenanga   muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Semua bahan  ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas. Kemudian airnya disaring dan diminum.

Mengobati Bronkhitis

Untuk mengobati bronkhitis, sediakan 2 kuntum bunga kenanga, lalu direbus dengan satu gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap pagi dan painful.

Obat Sesak Napas

Bunga kenanga juga berkhasiat bila mengobati sesak nafas karena asma maupun alergi. Caranya, ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih direbus dengan satu gelas air panas hingga tersisa setengah gelas. Saring airnya dan minum secara teratur tiap pagi dan painful hari.

Mengobati Malaria

Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga  sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.
thumbnail
Judul: Manfaat Bunga Kenanga sebagai Obat Herbal dan Tradisional
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Bunga :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz