Thursday 9 October 2014

Fungsi dan Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh. Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, minyak ikan, susu, keju, dan hati. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.
Fungsi dan Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Wortel salah satu Umbi yang mengandung Vitamin A

Fungsi dan Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari vitamin A bagi kesehatan tubuh manusia. 

Peranan vitamin A dalam indra penglihatan

Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan.

Vitamin A sebagai sistem imun

Vitamin A juga dapat melindungi tubuh dari infeksi organisme asing, seperti bakteri patogen. Mekanisme pertahanan ini termasuk ke dalam sistem imun eksternal, karena sistem imun ini berasal dari luar tubuh. Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin maupun terhadap serangan mikroorganisme parasit, seperti bakteri patogen dan virus.

Vitamin A sebagai Antioksidan

Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Vitamin A untuk Mencegah Kanker

Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Vitamin A  Penyembuhan Luka

Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Vitamin A untuk Pertumbuhan embrio

Vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.

Konsumsi Vitamin A

  • Dosis harian: 750 mcg
  • Gejala kekurangan vitamin A: Penglihatan berkurang, kulit kering.
  • Kelebihan vitamin A: Kerusakan hati, tulang, dan gangguan penglihatan. Tanda kelebihan vitamin A adalah telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning.
  • Makanan sumber vitamin A: Hati, wortel, produk susu, ubi merah, labu, mangga, bayam, brokoli, kangkung, keju cheddar, cabai.
thumbnail
Judul: Fungsi dan Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Vitamin :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz