Tuesday 23 September 2014

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Bunga kamboja (Plumeria rubra L.cv. Acutifolia.) merupakan tanaman  berasal di daerah Amerika tropik dan Afrika. Kamboja termasuk tanaman hias  ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Kamboja  beberapa jenis, ada  kerdil ada juga  besar  bisa mencapai besar beberapa gauge. Kamboja  besar biasa ditanam di tempat pemakaman.
Selain ukuran pohonnya, jenis pohon kamboja juga bisa dibedakan di daunnya. Ada pohon kamboja  daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja  daunnya kecil dan lonjong dengan ujung tumpul. Kembang bunga kamboja  aneka warna, di mulai putih, kuning, merah dan merah muda atau kombinasi di pilihan warna .
Sama seperti tanaman hias lainnya, misalkan bunga melati dan bunga kenanga, bunga pohon kamboja juga menyebarkan wangi  khas. Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga sering digunakan sebagai obat tradisional bila mengatasi beberapa penyakit. Diantaranya bisul, kencing nanah (Gonorrhea), bengkak, kutil, kapalan, menghaluskan kulit dan frambusia.
Bagian tanaman  digunakan sebagai obat  akar, daun, getah, john kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak mrnguapnya terdiri di geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol.
Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Bunga Kamboja

1. Mengobati Bisul

Untuk mengobati bisul dengan bunga kamboja, bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh  ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun  lain.
Cara tergampang, menggunakan getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja langsung di pohonnya dan dioleskan pada bagian tubuh  ditumbuhi bisul.

2. Mengatasi Bengkak

Cara mengobati bagian tubuh  bengkak  dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih. Air  digunakan bila merendam bagian tubuh  bengkak jika memungkinkan. Jika belum, sebaiknya bila mengompres.

3. Patek, Puru (Frambusia)

Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air  digunakan bila mandi dan menggosok bagian tubuh  luka.

4. Kencing Nanah (Gonorrhea)

Cuci bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan  diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir.

5. Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Untuk mengobati sait gigi akibat gigi berlubang, caranya mudah. Ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, kemudian kapas  dipakai bila mencocok gigi  berlubang.

6. Menghilangkan Tahi Lalat

Tahi lalat bisa menambah kecantikan wajah seseorang, namun juga bisa mengganggu. Jika anda  tahi lalat  mengganggu, bisa dihilangkan dengan menggunakan getah pohon kamboja. Caranya, ambil getah kamboja menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat hilang dengan sendirinya.

7. Menghilangkan kutil

Caranya sama dengan menghilangkan tahi lalat, yaitu menggunakan getah kamboja. Namun harus waspada karena getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sampai dari bagian tubuh  yang lain.
Bunga kamboja memang kaya  kandungan emolien dan supplement E. Selain bila pengobatan, bunga kamboja juga bermanfaat bila kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Bunga eksotis ini memberikan sensasi melembabkan, melembutkan, john menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.
thumbnail
Judul: Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Bunga :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz