Tuesday 16 September 2014

Manfaat Buah Oyong (Gambas) bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Oyong (Gambas) bagi Kesehatan Tubuh - Oyong (Luffa acutangula) atau ridged gourd, disebut juga gambas, emes atau kimput (Sunda) dan timput (Palembang). Oyong (Luffa acutangula)  salah satu tanaman berbulu dan merambat mempunyai buah bulat panjang  berbentuk belimbing dengan panjang 15-30 cm dan size 2-4 cm john mempunyai rusuk-rusuk  jelas kelihatan dan mengecil makin ke pangkalnya, sehingga penampang melintangnya seperti roda-roda  bergerigi.
Manfaat Buah Oyong (Gambas) bagi Kesehatan Tubuh
Buah Oyong

Manfaat Buah Oyong Bagi Kesehatan

Buah Oyong Bila Penyakit Radang Usus

Caranya: ambil oyong   sudah tua secukupnya. Pangganglah Oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 g bubuk oyong diseduh dengan air panas ½ gelas dan minumlah 1-2 kali dalam sehari.

Buah Oyong Bila Penyakit Radang Kelenjar Telinga

Ambil oyong 500 g dipotong kecil-kecil dan sambiloto 50 g, rebuslah tergampang bahan ini dengan air 2 litre, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali dalam sehari.
Biji Oyong Bila Penyakit Cacingan
Biji oyong hitam 30 g untuk anak-anak dan 40-50 g untuk orang dewasa ditumbuk halus.seduhlah bubuk itu dengan air panas secukupnya.Minumlah 1 kali dalam sehari.

Buah Oyong Bila Penyakit Asma

Ambil Oyong  muda berserta tangkainya dan buatlah jus.Dan minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.

Buah Oyong Bisa Melancarkan Peredaran Darah

Ambil oyong 250 g dan jamur kuping hitam 20 g, masaklah sesuai selera dan masakan  berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

Buah Oyong Bisa Memperbanyak Asi

Oyong sangat baik bagi ibu-ibu menyusui karenadapat memperbanyak ASI.Caranya setiap 6 g bubuk oyong, dengan ½ gelas air panas, diminum 1-2 kali dalam sehari.

Buah Oyong Bila Penyakit Radang Tenggorokan

Ambillah satu buah oyong   muda dan buatlah jus lalu tambahkan juga Gulabatu  telah dicairkan. Penggunaanya: minumlah 2-3 kali dalam sehari secara teratur.
thumbnail
Judul: Manfaat Buah Oyong (Gambas) bagi Kesehatan Tubuh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Khasiat Buah :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Privacy Policy - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz